Sabtu, 21 Februari 2009

Perpustakaan Keliling Masih Seadanya di Daerah Surabaya

Sabtu, 21 Februari 2009


Perpustakaan keliling milik Perpustakaan Kota Surabaya masih belum bisa memenuhi selera masyarakat. Pengadaan buku masih seadanya.

Ini diakui WARNO karyawan bagian unit pelayanan Perpustakaan Kota Surabaya sekaligus driver perpustakaan keliling saat ditemui.
Dalam minivan perpustakaan keliling, koleksi bukunya mencapai 1.600 yang terdiri dari 950an buku dewasa dan 650an buku anak-anak. WARNO mengakui perpustakaan kota lebih banyak memiliki buku-buku koleksi lama. Meski demikian, WARNO memandang perpustakaan keliling memiliki pengaruh cukup besar.



Selain menyumbang 10 persen pendaftar baru perpustakaan kota, perpustakaan keliling menjadi pendorong masyarakat untuk ikut menyumbangkan buku-buku yang mereka punya ke perpustakaan.

“Pernah ada yang kesini memberikan bukunya satu mobil penuh. Anak-anaknya sudah besar-besar, jadi buku-bukunya banyak yang sudah tidak dibaca. Akhiirnya disumbangkan ke perpustakaan,” kata WARNO.

Masih belum optimalnya keberadaan perpustakaan keliling juga dicermati oleh LULU satu diantara pengunjung Taman Bungkul, tempat mangkal perpustakaan keliling.

“Penataannya masih asal ada. Belum dikelompokkan. Belum turun sepepnuh hati. Sebetulnya sudah bagus, tapi tinggal diperbanyak dan penataannya lebih diperbaiki, dikelompokkan jadi lebih rapi, kita juga cari-cari buku lebih gampang,” ujar LULU.

LULU menyambut positif dengan keberadaan perpustakaan keliling. Namun, harusnya pihak perpustakaan kota harus menggarapnya lebih serius. Misalkan dengan mengelompokkan buku-buku koleksi layaknya di perpustakaan. Ini akan memudahkan pembaca mencari buku dan mengembalikannya.

Meski sudah sejak 2007 perpustakaan berkeliling, namun LULU baru mengetahuinya sekarang. Karena itu, ia berharap agar perpustakaan keliling lebih disosialisasikan. Satu diantara caranya dengan datang lebih pagi di hari Minggu.

“Sesekali datang lebih pagi. Karena kalau disini (di Taman Bungkul), pagi itu lebih ramai. Kalau sudah siang begini kan sudah sepi, orang sudah banyak yang pulang. Misal dari jam 7 pagi sampai jam 12 saya rasa sudah cukup,” ujar LULU.(git)

0 komentar:

Posting Komentar

 
CenDela DuNia © 2008. Design by Pocket