Sabtu, 21 Februari 2009

Jenuh di Rumah Mendingan Baca Buku

Sabtu, 21 Februari 2009


Jakarta,Jenuh di rumah terus, mendingan baca buku di Perpustakaan Keliling. Hal ini disampaikan Hana, murid kelas 2 SDN 01 Pengadegan, Jakarta Selatan, di temui di lokasi Perpustakaan Keliling – YKAI Allianz (9/6).

Pada saat liburan kenaikan kelas, anak-anak merasa jenuh jika terus-terus menetap di rumah, maka mereka butuh kegiatan untuk mengisi hari libur. Kehadiran perpustakaan keliling di komunitas mereka merupakan hal yang mereka butuhkan.

Menurut Sandi, murid kelas 4, “Kehadiran perpustakaan keliling di sini sangat berguna, terutama dalam melatih membaca. Selain itu, kami memperoleh ilmu, seperti cerita-cerita rakyat, tegas Sandi.


Perpustakaan Keliling YKAI merupakan salah satu program YKAI yang mendapat dukungan dari Allianz, yaitu perusahaan asuransi. Kehadiran perpustakaan keliling ini adalah salah satu upaya YKAI dalam memenuhi hak anak untuk memperoleh informasi.

Perpustakaan Keliling YKAI terdapat di Banda Aceh, Riau, Medan, Indramyu, Bantul, dan DKI Jakarta. Khusus di DKI Jakarta, perpustakaan keliling beroperasi di wilayah kumuh di lima wilayah DKI Jakarta. Lokasi yang ditunjuk adalah daerah yang tidak mempunyai akses ke perpustakaan dari hari Senin sampai Jumat, jam 09.00-14.00 WIB.


Menurut Hani, murid kelas 4, SDN 01 Pengadegan, “Kalau bisa, kami tidak hanya membaca buku, tetapi diajarkan origami, buat bunga, dan manik-manik”. Hal ini dibutuhkan, karena ada tugas dari sekolah, ujar Hani.

Untuk meningkatkan pengetahuan pengunjung pusling, Hamid Patilima, staff YKAI, memberikan latihan singkat tentang menulis kreatif. Ada lima anak yang ikut, dengan menggunakan buku tulis sendiri, hanya dalam waktu 30 menit, mereka berhasil menuliskan karangannya. Menurut Hamid, anak-anak ini mempunyai potensi, pertama mereka mempunyai tambahan informasi, dan kedua pengalaman mereka sehari-hari. Jika ini terus dilatih, tulisan mereka dapat dikirim ke berbagai media, seperti Kompas, Republika, Media Indonesia, dan Bobo, yang menyediakan ruang untuk karya anak. Akan tetapi, perlu ada relawan yang bersedia membantu dan membimbing mereka, ujar Hamid. Siapa yang bersedia, YKAI dengan senang hati akan memfasilitasinya.


0 komentar:

Posting Komentar

 
CenDela DuNia © 2008. Design by Pocket