Sabtu, 21 Februari 2009

Software Download Gratis untuk Perpustakaan

Sabtu, 21 Februari 2009


Hampir semua lembaga atau instansi Lembaga Pemerintah, Sekolah, Universits mempunyai Library (perpustakaan). Tak jarang sebuah keluarga juga mempunyai perpustakaan pribadi. Kesulitan dihadapi sebuah perpustakaan ketika jumlah koleksi baik berupa buku, majalah, jurnal, semakin banyak dan proses temu kembali koleksi semakin susah.

Salah satu cara untuk mengatasi masalah temu kembali tersebut adalah Katalog elektronik, yaitu pengkatalogan dan input data koleksi ke komputer. Dengan cara ini setiap kali Anda mencari buku yang Anda butuhkan tinggal dicari di katalog elektronik dengan segera Anda akan menemukan buku yang Anda cari tanpa harus harus membuang waktu.





Untuk membuat Katalog Elektronik antara lain dibutuhkan:
1. Komputer bisa PC atau Laptop/notebook dengan minimal diinstal Windows NT4.0, Me, 2000, XP. Spesifikasi: 40 Gb Hardisk, 256 RAM.
2. Library Software: seperti, CDS/ISIS for Windows - Version 1.5 (gratis download), ResourceMate (berbayar), NCI Book Man.(berbayar)
3. Pengetahuan system klasifikasi koleksi, seperti DDC (Dewey Decimal Clasification) atau system pengklasifikasian yang lain, atau system yang dibuat sendiri.

CD CDS/ISIS for Windows - Version 1.5 adalah salah satu software gratis perpustakaan (free library software) yang bisa didownload gratis di http://www.unesco.org/isis. Bagi Anda yang mengalami kesulitan dengan perpustakaan di perusahaan atau di rumah Anda (khusus wilayah Jakarta) dan membutuhkan jasa pengelolaan buku/majalah/jurnal bisa menghubungi saya di haryanto76 at yahoo dot com. Saya akan membantu Anda menemukan jasa pelayanan yang tepat dan murah.

0 komentar:

Posting Komentar

 
CenDela DuNia © 2008. Design by Pocket