Sabtu, 21 Februari 2009

Mobil Buku Dukung Perpustakaan Keliling di Daerah Malang

Sabtu, 21 Februari 2009

Akses warga Kota Malang untuk membaca buku gratis semakin terbuka. Kemarin bersamaan peringatan Hari Pendidikan Nasional, mobil buku yang berfungsi menemui pembaca diluncurkan lagi.

Kali ini, tambahan mobil buku berasal dari bantuan Departemen Pendidikan Nasional. Mobil itu diberikan secara gratis untuk dimanfaatkan warga. Selain buku, mobil dilengkapi dengan koleksi buku-buku.

“Mobil ini dilengkapi 1000 buku. Untuk melayani masyarakat yang ingin membaca buku, mobil akan berkeliling ke semua wilayah Kota Malang,” kata Kadiknas, Dr H Shofwan MSi, kemarin.

1000 buku melengkapi mobil itu terdiri dari berbagai jenis bacaan. Di antaranya buku tentang ketrampilan, buku agama, iptek dan berbagai bacaan tentang hidup bahagia. Selain buku, mobil juga dilengkapi fasilitas pemutaran film, lengkap dengan sound sistemnya. “Sehingga bila mengunjungi masyarakat, diputar juga film yang mendidik masyarakat,” katanya.

Mobil itu kata Shofwan untuk membantu armada perpustakaan keliling yang dimiliki Perpustakaan Kota Malang. Diharapkan, minat baca masyarakat semakin tinggi karena selalu dikunjungi mobil buku.

Untuk operasional kesehariannya, mobil buku dikelola Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Kalisari. Kepala SKB Drs M Shodiq MPd mengatakan, kawasan pinggiran kota merupakan wilayah yang dikunjungi mobil buku.

Wilayah pinggiran yang dipastikan dikunjungi yakni, di Kedungkandang seperti Wonokoyo, Tlogowaru, Buring. Wilayah lainnya yang juga didatangi mobil buku yakni Tasikmadu dan Tanjungrejo. “Untuk mengoperasionalkan buku ini, nanti disiapkan dua petugas dengan tugas, satu orang sebagai pengemudi dan satunya lagi sebagai petugas yang melayani pembaca,” jelasnya. (van/lim) (Vandri Van Battu, MalangPost)

0 komentar:

Posting Komentar

 
CenDela DuNia © 2008. Design by Pocket