Sabtu, 21 Februari 2009

Membangun Perpustakaan Elektronik dengan BOCSoft eQuestion

Sabtu, 21 Februari 2009

Penyebaran ilmu pengetahuan ke seluruh pelosok tanah air yang dituangkan dalam kertas dan buku sangat lambat karena bentuk fisiknya. Hal itu sudah bisa diatasi sejak ditemukannya internet dan buku elektronik (ebook). Pengetahuan dituangkan dalam file “flat” dengan bermacam-macam format seperti .pdf, .doc, atau yang paling sederhana adalah .txt.

Tetapi dengan semakin banyaknya pengetahuan yang tersebar dalam file-file flat tersebut, ditambah lagi tersedianya berbagai macam format dokumen elektronik, masalah kembali muncul yaitu sulitnya pengorganisasian, membuat pertanyaan, membuat dokumen ebook, kecepatan pencarian ulang, dan mengatur pengetahuan dalam file-file flat yang berbeda format dalam jumlah banyak ke dalam satu wadah yang sederhana.

Ide untuk mengumpulkan ilmu pengetahuan dari sumber-sumber yang berbeda ke dalam satu wadah berusaha dipecahkan oleh BOCSoft, mitra terdaftar Microsoft. Akhirnya lahirlah BOCSoft eQuestion yang dikembangkan selama hampir dua tahun.

BOCSoft eQuestion adalah aplikasi database manajemen pengetahuan dalam bentuk “relational database” yang dapat digunakan untuk belajar di rumah, di sekolah dan di perusahaan.

Keuntungan menyimpan pengetahuan dalam database BOCSoft eQuestion adalah:



* Hemat uang:
Satu keping DVD mampu menyimpan kumpulan soal setara dengan 555 kg kertas sehingga menghemat kertas dan tinta untuk mencetak.
* Hemat waktu:
Guru-guru dapat menggunakan waktunya lebih produktif dengan meringkas mata pelajaran. Ringkasan mata pelajaran bisa digunakan ulang untuk tahun ajaran berikutnya sehingga tidak perlu membuat ulang dari awal kecuali melakukan revisi, yang bisa dilakukan dengan cepat dan mudah karena pengetahuan disimpan dalam satu tempat yaitu database BOCSoft eQuestion.
* Belajar Cepat:
Mempelajari ilmu pengetahuan langsung dari pertanyaan-pertanyaan dan pembahasannya adalah salah satu teknik belajar cepat yang dapat diterapkan dan dapat meningkatkan keingintahuan peserta didik. Filosopi dari BOCSoft eQuestion adalah AIM, CURIOSITY, SPEED. Bidik apa yang ingin diketahui, kembangkan keingintahuan dan dapatkan pengetahuan dengan cepat.
* Perpustakaan:
Kumpulan pengetahuan disimpan di laboratorium komputer sekolah yang bisa diakses oleh siswa untuk bahan belajar. Jika telah tersedia kumpulan pengetahuan dalam bentuk database BOCSoft eQuestion maka sekolah telah mempunyai perpustakaan elektronik yang jauh lebih menyenangkan bagi murid untuk belajar.
* Kerjasama dan Kecepatan:
Jika sekolah-sekolah dapat saling bertukar database, maka perpustakaan elektronik akan tumbuh besar dan lengkap dalam waktu yang cepat.

Bayangkan skenario ini:

Jika terdapat 100 sekolah yang masing-masing memiliki kumpulan database pengetahuan dan saling bertukar database, maka dalam tempo singkat mereka telah membangun perpustakaan elektronik yang besar.

Fleksibilitas yang ada dalam “relational database” memungkinkan kita menggabungkan isi dari satu database dengan database lainnya. Hal ini tidak mungkin dilakukan pada format elektronik seperti .txt, .pdf atau format dokumen lainnya, apalagi menggunakan kertas seperti pada buku.

Untuk kepentingan yang jauh lebih besar, mudah-mudahan institusi pendidikan tidak hanya bisa berkompetisi tetapi juga bisa berkolaborasi untuk saling berbagi sehingga mereka yang mempunyai keunggulan SDM dalam bidang ilmu tertentu dapat menularkannya kepada SDM sekolah-sekolah yang lain.
* Berbagi Pengetahuan:
Bagaimana dampaknya bila kumpulan-kumpulan pengetahuan tersebut ditempatkan dalam suatu situs internet agar bisa diakses oleh masyarakat luas. Akan tersedia kumpulan pengetahuan yang besar, lebih menyenangkan untuk belajar dan lebih murah didapat. Ini akan membantu sekali untuk percepatan belajar dan mengajar.

Untuk mendapatkan contoh-contoh database BOCSoft eQuestion dapat diambil di http://www.bocsoft.net/Indonesia/info/download.htm.

Untuk mendapatkan contoh laporan klik http://www.bocsoft.net/Indonesia/info/test_report.htm.

Contoh-contoh tersebut berisi kumpulan soal untuk SD, SMP dan SMA, salah satu topiknya adalah ujian nasional atau ujian akhir sekolah.

Institusi pendidikan baik formal maupun informal mempunyai peran yang besar dalam mengembangkan perpustakaan elektronik, baik untuk lingkungan sendiri maupun untuk masyarakat luas. Hal ini dimungkinkan karena institusi tersebut didukung oleh SDM (sumber daya manusia) yang memang mempunyai pengetahuan untuk bahan mengajar dan belajar.

Bukan hanya institusi pendidikan yang bisa berperan dalam membangun perpustakaan elektronik dengan BOCSoft eQuestion. Individu profesional yang mempunyai pengetahuan tertentu dapat juga ikut berpartisipasi dalam mewujudkan ketersediaan perpustakaan elektronik yang berkualitas, mudah didapat dan relatif lebih murah.
Pengujian Internal

BOCSoft eQuestion versi RTM (Released to Market) adalah versi update yang keempat yang telah melewati pengujian berulang-ulang. Sempurna? Mungkin tidak, mendekati sudah cukup baik.

* Februari 2006: Peluncuran awal
* Juni 2006: Update kedua
* November 2006: Released candidate
* Maret 2007: Released to market.

Download

Untuk mendapatkan versi gratis BOCSoft eQuestion versi Standard download di http://www.bocsoft.net/Indonesia/info/download.htm.

Pada saat ini kami telah menyelesaikan Beta 1 BOCSoft eQuestion yang dikembangkan dengan teknologi terbaru Microsoft Office 2007. Jika aplikasi ini telah selesai maka pembeli versi sebelumnya dapat mengupdatenya secara gratis dari situs kami. Penawaran ini hanya berlaku untuk update ke versi Microsoft Office 2007 dan update dengan edisi yang sama dari BOCSoft eQuestion.
Kebutuhan Piranti Keras

* CPU: Prosesor setara Intel Pentium III 900 MHz atau yang lebih tinggi.
* RAM: 128 MB (direkomendasikan 256 MB).
* Display: 800x600, 16 bit.
* Keyboard dan Mouse.
* CD ROM untuk instalasi dari CD.

Kebutuhan Piranti Lunak

* Microsoft Windows 2000 + SP3 (direkomendasikan Windows XP).
* Microsoft Office 2003 atau Microsoft Office 2002 (direkomendasikan Microsoft Office 2003).
o Microsoft Access 2002 adalah kebutuhan minimum. Kami memberikan dalam CD distribusi Microsoft Access 2003 runtime.
o Microsoft Word or Microsoft WordPad akan dibutuhkan untuk merubah dan mencetak laporan.
o Microsoft Equation dibutuhkan untuk membuat formula matematika yang kompleks. Microsoft Equation adalah komponen dari Microsoft Office.
Jika tidak mempunyainya maka dapat menggunakan MathType yang dapat diambil dari situs: http://www.dessci.com. Dalam situs ini mereka mempunyai versi gratis dengan limitasi kegunaannya.
* Windows Media Player 9 atau lebih tinggi untuk memainkan file multimedia.

Harga
Versi Produk Harga dalam Rupiah
BOCSoft eQuestion Reader Edition Rp 0
BOCSoft eQuestion Standard Edition Rp 0
BOCSoft eQuestion Home Edition Rp 295.000,00
BOCSoft eQuestion Educator Edition Rp 745.000,00
Hubungi:

Cahaya Mandiri Computindo
(Contact Person: Fredy Yahya)
Jalan Arteri Mangga Dua Mall Lantai IV No A.124
Jakarta Pusat
Indonesia
Phone: (62)(21) 71106586
Phone / Fax: (62)(21) 62200194
Email: cm.computindo@gmail.com
Penawaran Khusus

Khusus untuk institusi pendidikan baik formal maupun informal yang berdomisili di Indonesia dapatkan penawaran menarik BOCSoft eQuestion versi Educator dari dealer kami.
Links / Download:

Tips Menghadapi Ujian Nasional

Sukses Dalam Belajar

Video Garis Besar BOCSoft eQuestion

0 komentar:

Posting Komentar

 
CenDela DuNia © 2008. Design by Pocket